Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

JARINGAN KOMPUTER

20.00 Unknown 0 Comments Category :


Di postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang jaringan komputer. Postingan ini adalah tugas kuliah saya di matakuliah Perangkat Lunak Jaringan Lanjut (PLJL). Beberapa minggu ke depan saya akan terus memposting dengan label PLJL dan di setiap postingan tsb, saya akan mejelaskan tentang pengaplikasian atau praktek PLJL menggunakan Linux yg khususnya di Cent OS.

Materi teorinya akan saya beri link bagi yg ingin mendownload. Itu saja intermezonya, ayo kita mulai belajar JARINGAN KOMPUTER


Cara Mengatur IP Static



  1. Langkah pertama kita harus masuk ke terminal pada Cent OS.
  2. Ketik ifconfig untuk melihat informasi IP (Internet Protocol) kita.
  3. Sebelum mengganti IP, lebih baiknya kita masuk ke super user terlebih dahulu.Ketik su -
  4. Lalu untuk mengganti IP kita secara statis dan permanen, kita harus mengganti pengaturan ifcfg-eth0 dengan vi editor.Ketik vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0.
  5. Ganti ipaddr sesuai alamat IP baru yg diinginkan.
  6. Ketik ifconfig dan lihat perbedaanya.
  7. Adapula cara mengganti IP secara temporary, jadi setelah kita merestart komputer maka IP akan kembali seperti semula, yaitu dengan ifconfig eth0 (IP yang diinginkan) netmask (netmask yg diinginkan).


Link download materi :
1. Jaringan komputer https://goo.gl/AjgKIF
2. IP address https://goo.gl/thftpD

RELATED POSTS

0 komentar