Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

USB FLASH DRIVE

22.00 Unknown 0 Comments Category : ,

FLASH DISK DRIVE?


Kok tulisan disk-nya dicoret? Iya karena mindset kita selama ini salah tentang si mungil penyimpan data ini.


Selama ini kita selalu menyebutnya sebagai FLASH DISK itu salah besar, karena tidak terdapat komponen disk di dalamnya.Penyebutan yang benar adalah FLASH DRIVE.

Setelah tahu sebutannya yang benar, mari kita bicarakan lebih lanjut apakah dia. Pengertian USB Flash Drive adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari memori flash bertipe NAND yang terintegrasi dengan Universal Serial Bus (USB). USB flash drive bersifat removable dan dapat ditulis ulang (re-write), dan secara fisik ukurannya jauh lebih kecil daripada floppy disk, beratnya kurang dari 30 gram. Hingga saat ini kapasitas penyimpanan Flash Drive terus berkembang. Hingga saat ini yang saya tahu kapasitas terbesar Flash Drive adalah sebesar 1 terabyte, yaitu USB Flash Drive Data Traveler HyperX Predator 3.0 besutan Kingston.

Flash Drive sering digunakan untuk tujuan yang sama seperti disket atau CD-ROM. Kelebihan dari Flash Drive adalah ukurannya lebih kecil, transfer yang lebih cepat, kapasitas lebih besar.
Selain itu Flash Drive juga lebih tahan lama dan dapat diandalkan karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak (karena itulah kenapa saat Flash Drive terendam atau tidak sengaja tercuci, Flash Drive masih bisa bekerja dengan normal kembali), mereka pun kebal terhadap interferensi elektromagnetik (permasalahan pada disket), dan tidak terluka oleh goresan permukaan ( permasalahan pada CD). Flash Drive juga terintegrasi di berbagai sistem operasi modern, seperti Linux , Mac OS, Windows, dll. Dan bahkan dapat dibaca oleh sistem lain seperti Xbox, PlayStation, dan dalam beberapa ponsel smartphone.


Sejarah

Penemu. Saat ini ada empat entitas yang mengklaim menemukan Flash Drive, yaitu Dov Moran dari M-Systems , Pua Khein Seng Phison Elektronik, Teknologi Trek , dan Teknologi Netac. Trek Teknologi dan Netac Technology telah berusaha untuk melindungi klaim paten mereka tersebut. Trek memenangkan gugatan di pengadilan Singapura, tapi sebuah pengadilan di Inggris mencabut salah satu paten Trek di Inggris. Pua Khein-Seng dari Malaysia mengklaim telah memasukkan chip pertama di dunia kontroler USB flash. Saat ini dia adalah CEO dari Phison Electronics Corp yang berbasis di Taiwan.

Produk komersial pertama. Trek Teknologi dan IBM mulai menjual Flash Drive pertama secara komersial pada tahun 2000. Singapura Trek Teknologi menjual model dengan merek "thumbdrive". IBM memasarkan drive pertama kali di Amerika Utara dengan produk bernama "DiskOnKey" yang dikembangkan dan diproduksi oleh M-Systems, sebuah perusahaan yang berbasis di Israel, memiliki kapasitas penyimpanan 8 MB, lima kali lebih besar daripada kapasitas disket pada waktu itu.  Pada tahun 2000 Lexar memperkenalkan Compact Flash (CF) dengan koneksi USB, dan kabel USB untuk hub USB. 

Generasi Kedua. Pada tahun 2013, sebagian besar Flash Drive memiliki konektivitas USB 2.0. Namun, Flash Drive pada masa ini tidak menggunakan penuh kecepatan transfer 480 Mbit/s (60MB / s). Kecepatan transfer file bervariasi pada Flash Drive, beberapa diantaranya dapat membaca data hingga 30 megabyte / s dan menulis data sekitar setengahnya. Kecepatan Transfer Ini sekitar 20 kali lebih cepat dari USB 1.1 pada kecepatan penuh yang terbatas pada kecepatan maksimum 12 Mbit / s (1,5 MB / s). Kecepatan efektif suatu perangkat secara signifikan dipengaruhi oleh pola akses data.

Generasi Ketiga. Layaknya USB 2.0 sebelumnya, USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer data secara dramatis meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. USB 3.0 mampu mencapai kecepatan transfer hingga 5Gbit / s, dibandingkan dengan USB 2.0 480 Mbit / s. Semua perangkat USB 3.0 ke bawah kompatibel dengan port USB 2.0. Pada April 2014, sudah umum bahwa komputer memiliki port USB 3.0, kebanyakan laptop baru dan desktop memiliki minimal satu port tersebut.

Generasi Keempat. Mulai Maret 2015, setelah keynote apple, beberapa produsen mengumumkan USB 3.1 jenis C. Ini adalah generasi baru USB, seperti PKparis K'isauve, dapat membaca dengan kecepatan 530 MB / s dan menulis dengan kecepatan 520 MB / s.


Komponen

Pada tulisan awal telah sedikit disinggung bahwa pada flash drive tidak terdapat komponen disk, berikut adalah gambaran dan penjelasan lebih lanjut tentang komponen flash drive. 



yang kita gunakan sehari-hari bisa berbentuk atau memiliki model apa saja. Ada yang casingnya dari plastik, karet, PVC, alumunium, kulit dan lain-lain. Namun komponen utama yang digunakan pasti sama, hanya berbeda bentuk dan vendor

Read more at: http://usbcraft.com/artikel/5-komponen-utama-usb-flash-disk/

yang kita gunakan sehari-hari bisa berbentuk atau memiliki model apa saja. Ada yang casingnya dari plastik, karet, PVC, alumunium, kulit dan lain-lain. Namun komponen utama yang digunakan pasti sama, hanya berbeda bentuk dan vendor

Read more at: http://usbcraft.com/artikel/5-komponen-utama-usb-flash-disk/
yang kita gunakan sehari-hari bisa berbentuk atau memiliki model apa saja. Ada yang casingnya dari plastik, karet, PVC, alumunium, kulit dan lain-lain. Namun komponen utama yang digunakan pasti sama, hanya berbeda bentuk dan vendor

Read more at: http://usbcraft.com/artikel/5-komponen-utama-usb-flash-disk/
Flash drive yang kita gunakan sehari-hari bisa terbentuk dari bahan dasar yang berbeda dan memiliki model apa saja. Ada yang berbahan dasar atau ber-casing plastic, alumunium, besi, dll. Namun komponen utama yang digunakan umunya sama, hanya berbeda cara perakitan dan vendornya saja. Beberapa penjelasan komponen dari gambar di atas adalah sebagai berikut

  • Konektor / sambungan USB. Berfungsi sebagai penghubung Flash Drive dengan komputer melalui sebuah port USB atau USB Hub. Karena posisi konektor di luar dan sering bersentuhan dengan komputer, maka konektor USB sering mengalami kerusakan seperti karat, patah dan kotor.
  • Board. Atau lebih tepat disebut Printed Circuit Board (PCB), pada gambar di atas komponen ini adalah komponen papan lebar yang berwarna jingga. Berfungsi sebagai tempat seluruh komponen elektronik Flash Drive dipasang. Ukuran board yang makin kecil memungkinkan ukuran Flash Drive menjadi semakin kecil.
  • Osilator Kristal. Berfungsi untuk menghasilkan clock (denyut listrik) dengan frekuensi 12Mhz. Semua komponen elektronik digital membutuhkan clock generator seperti osilator kristal agar bisa bekerja dengan perangkat lainnya. Clock yang dihasilkan oleh osilator kristal juga digunakan oleh Flash Drive untuk kirim dan terima data ke komputer. 
  • Kontroler (USB Mass Storage Controller). Kontroler ini pada dasarnya sebuah mikrokontroller yang memiliki ROM dan RAM untuk memproses perintah dari komputer host dan mengatur flash memory untuk menyimpan data. Mirip seperti mikroprosesor sebuah komputer, tapi dengan fungsi lebih spesifik. Kontroler ini juga yang bertugas memberitahu komputer host bahwa device yang tersambung adalah sebuah USB Flash Disk.
  • Chip memori kilat. Atau Flash memory berfungsi untuk menyimpan data. Pada umumnya menggunakan NAND flash memory. Istilah flash memory muncul dari penciptanya (Dr. Fujio Masuoka) karena data di dalam memory tersebut bisa dihapus secepat kilat, seperti lampu flash dari kamera. Makin banyak proses tulis dan hapus, kemampuan flash memory makin lemah. Penemuan teknologi flash memory ini yang melahirkan produk flash Drive.
    Flash memory berfungsi untuk menyimpan data. Pada umumnya menggunakan NAND Flash memory. Istilah Flash Memory muncul dari penciptanya, Dr. Fujio Masuoka karena data di dalam memory tersebut bisa dihapus secepat kilat, seperti lampu blitz dari kamera. Makin banyak proses tulis dan hapus, kemampuan Flash Memory makin lemah. Penemuan teknologi Flash Memory ini yang melahirkan produk USB Flash Disk.

    Read more at: http://usbcraft.com/artikel/5-komponen-utama-usb-flash-disk/

RELATED POSTS

0 komentar