Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

SISTEM BERKAS

05.00 Unknown 0 Comments Category : ,



KONSEP DASAR BERKAS

 

A.Pengertian Sistem Berkas dan Akses

  1.  Sistem berkas atau pengarsipan, yaitu suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan.
  2. Sistem akses, yaitu cara untuk mengambil informasi dari suatu file. 
      Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa sistem berkas dan akses adalah cara untuk membentuk suatu arsip atau file dan cara pencarian record-recordnya kembali. Sistem berkas dan akses adalah sistem pengorganisasian, pengelolaan, dan penyimpanan data pada alat penyimpan eksternal dengan organisasi file tertentu. Pada sistem berkas dan akses, penyimpanan data dilakukan secara fisik. 

B.Istilah-Istilah Dasar sistem Berkas

  1. Elemen data. Yaitu salah satu nilai tunggal dengan satu petunjuk nama dan deskripsi karakteristik seperti tipe (char, nomor, kode) dan panjang karakter atau digit.
  2. Item data :
    • Referensi nama dan himpunan karakteristik elemen-elemen data yang menggambarkan suatu atribut.
    • Tempat menyimpan sebuah atribut dari sebuah entitas. Contohnya item data "identifikasi siswa" dapat dikaraktersitik dengan nomor digit 4 dengan nilai antara 1-1000.
  3. Entitas. Yaitu sekumpulan obyek yang terbatas atau terdefinisikan yang mempunyai karakteristik yang sama dan bisa dibedakan dari lainnya. Obyek dapat berupa barang, orang, tempat, atau suatu kejadian. Contoh entitas mobil, mahasiswa, nilai ujian, pegawai, dsb.
  4. Atribut. Yaitu deskripsi data yang bisa mengidentifikasikan entitas. Seluruh atribut harus cukup untuk menyatakan identitas obyek atau dengan kata lain kumpulan atribut dari setiap entitas dapat mengidentifikasikan keunikan suatu individu. Contoh entitas mobil terdiri dari atribut nomor polisi, nomor registrasi, warna mobil, jenis mobil, tahun, bahan bakar, dsb.
  5. Field
    • Lokasi penyimpanan untuk salah satu elemen data. Contohnya ruang penyimpanan untuk identifikasi nomor siswa.
    • Suatu elemen yang memiliki atribut dan harga dan merupakan unit informasi terkecil yang bisa diakses.
  6. Record (fisik). Yaitu lokasi penyimpanan yang terbuat dari rangkain field yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan beberapa entitas. Contohnya area penyimpanan membutuhkan isi dari identifikasi nomor, nama, dan alamat dari salah satu siswa (ketika menggunakan record yang didefinisakan terlebih dahulu).
  7. File.Yaitu sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas. Contohnya file siswa yang berisi satu record untuk tiap siswa dalam sistem.
  8. Access data.Yaitu satu cara dimana suatu program mengakses secara fisik record-record dalam file penyimpanan.
Sumber : Handayani, Dewi. 2001. Sistem Berkas. Yogyakarta. J & J Learning

RELATED POSTS

0 komentar